Wednesday 4 January 2017

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

1.  GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

      Adalah tipe antar muka yang merupakan interaksi antar pengguna dan sistem operasi mengunakan grafik. Contoh dari GUI adalah Visual Basic, Visual Studio, Delphi. Tujuan dari user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Penggunaan grafis sistem operasi windows adalah GDI (Graphics Device Interface). Grafis ditentukan oleh komposisi gambar pada screen. 


              Sistem koordinat merupakan letak objek gambar di monitor. Sistem koordinat pada windowa terdiri dari :

a.    Koordinat Fisik  : Dipakai oleh peralatan fisik contohnya layar monitor. Kiri atas adalah sumbu (x), menuju kanan ke sumbu (y), dari pusat kebawah adalah sumbu (x,y) dan standar awal adalah (0,0).
b.    Koorninat Logika : Dipakai dalam program windows memetakan sistem koordinat logika dalam program  ke koordinat fisik.

Membuat garis dapat dilakukan dengan cara mengklik ikon line pada toolbox. Jenis garis antara lain garis solid, dash, dash-dot, dash-dot dot, In side solid.


2.        ASPEK ERGONOMIK

Aspek ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efeksitas kerja. Argo berarti kerja, nomos berarti aturan/kaidah. Aspek yang berhubungan dengan ergonomic yaitu :
a.    Pengukuran dan antromometrik
b.    Aspek ergonomik dalam stasiun kerja
c.    Suhu dan kualitas udara
d.   Gangguan suara
e.    Kesehatan dan keamanan kerja basis evaluasi bagi kesehatan (meningkatkan keselamatan kerja dari bahaya cidera dan penyakit akibat kerja.


3.        PEMBUATAN KOMPONEN ANTARMUKA GRAFIS

Komponen antarmuka grafis adalah bentuk tampilan yang dipakai pada paket program aplikasi (teks/grafik). Contohnya tombol tekan, spin box.list box, combo box, tombol radio, check box, label box.
a.    Tombiol tekan mengaktifkan suatu proses atau melanjutkan suatu peruses
b.    Spin box mengatur nilai suatu peubah (numerik) dengan menambah atau mengurangi nilai. Panah atas tambah, panah bawah mengurangi. Spin box atas menampilakan nilai peubah (kotak putih). Pengontrol nilai (panah atas bawah)
c.    List box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih (scroolbar)
d.   Combo box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat di pilih bebas. Combination (pilihan). Perbedaan combo box dan listbox adalah combo box pilihannya langsung terlihat sedangkan listbox menekan control terlebih dahulu, combo box mengetik pilihan yang tersedia sedangkan list box memilih pilihan yang tersedia.
e.    Check box memilaih satu atau lebih pilihan dalam satu kelompok
f.     Radio button adalah tombol ON/OFF, pengendali (lingkaran kecil), label (menunjuk atribut). Persamaan radio button  dan check box adalah menampilkan sejumlah pilihan yang akkan dipilih, tidak mempengaruhi satu sama lain, struktur data sama.
g.    Label box member komentar atau nama pada komponen.

4.        MENDESAIN WINDOWS
Windows adalah area persegi empat pada layar, menampilkan program/data/info. Jenis windows antara lain dokumen windows, aplikation windows, utility windows, dialogs and alerts. Mendesain windows antara lain mensdesain title, border and windows command, modality, focus.
Modality (windows melarang user berinteraksi dengan windows lain dalam satu aplikasi yang sama). Focus ( menentukan windows mana yang harus menerima data dari keybard. Mouse atau device input), mekanisme (click to focus, keyboard focus), primary windows (mempresentasi data user), hubungan dengan dokumen dan windows (SDI, CSDI, MDI).

5.    ANALISA MENGENAI ANTARMUKA, DESAIN LAYAR, USABILITAS IMK BERBASIS WEB

Antarmuka merupakan bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan computer. Desain antarmuka yang baik memiliki karakterisrik standardisasi, integrasi, konsistensi, prtabilitas. Tujuan antarmuka (user interface) adalah membuat interaksi yang baik dan menyenangkan. Hal yang menyebabkan menurunnya tingkat usabilitas antarmuka antara lain :
a.       Teks belum jelas dan pemilihan kata tidaktepat
b.      Grafis tidak tepat (user penting tersembunyi)
c.       Judul tidak representatif
d.      Permintaan informasi tidak penting
e.       Layout tidak terstruktur dan tidak terarah










Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Daily Diary | Powered by Daily Diary